Selamat Datang di Websitenye Railfans n Islam Sejati

web ini bwt railfans n islam sejati, tp msh dlm perbaikan sih

Sabtu, 21 Maret 2009

Kereta Api Kertas

Bagi seorang railfans, kecintaan kepada kereta api tentu tidak terbatas. Begitu juga yang dilakukan oleh rekan Dwi Raharjo.
Orang yang satu ini memang dikenal cukup kreatif. Pekerjaannya sebagai ahli IT di sebuah perusahaan pelayaran internasional tidak menghalangi sifat kreatifnya yang tentu saja masih di seputar kecintaan kepada kereta api. Jika banyak modeler mengkoleksi berbagai jenis kereta api model dari berbagai merek, Dwi cukup memanfaatkan keahliannya di bidang komputer untuk menciptakan reka bentuk kereta api model dari kertas.
Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk membuat pola kereta api model dari kertas. Dengan bantuan perangkat lunak komputer grafis, berbagai jenis lokomotif, kereta penumpang dan lain sebagainya dapat diciptakan. Setelah gambar selesai dibuat, langkah berikutnya tinggal mencetaknya di kertas karton.Mengunakan printer warna tentu saja menjadi lebih baik, karena kereta model dapat dibuat kaya warna.
Setelah tercetak dengan rapi, langkah yang dilakukan adalah menggunting. Kedengarannya mudah, tetapi ada beberapa model yang ternyata memiliki pola yang cukup rumit, sehingga mengguntingpun menjadi sebuah pekerjaan yang menyulitkan.Sama seperti modeler yang membangun model dari model kit atau modeler yang senang merombak tampilan koleksi keretanya, berikutnya adalah merekatkan kertas-kertas yang sudah digunting tersebut dengan lem kertas. Beberapa lokasi perlu dilipat terlebih dahulu sebelum diberi lem.
Hasil akhir adalah sebuah kereta api model dari kertas yang dapat menghiasi meja kerja. Selain itu kegiatan menggunting, melipat dan menempel dapat juga dilakukan bersama dengan anak-anak, selain untuk mengajarkan kesabaran kepada anak-anak kita, menularkan kecintaan terhadap kereta api adalah sebuah kegiatan yang sangat positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar